Business Angel

(Tulisan malam) “Orang tahu nama anda belum tentu tahu “cerita” anda.Orang tahu apa yang anda capai belum tentu tahu apa yang anda “sudah pernah lewati dan lalukan”

Dalam menjalankan roda usaha saya memiliki beberapa orang teman yang bisa di kategorikan business angel. Mereka adalah orang-orang yang percaya pada anda tanpa banyak bertanya akan mendukung anda, terutama masalah dana.

Tanpa business angel sebagai bridging finance atau jembatan pendanaan akan pelik urusannya dalam masalah funding. Karena kita dianggap kaum “moderat” kaum modal dengkul dan urat saja. Saya pun masuk kaum ini namun saya membangun kepercayaan dengan banyak business angel.

Maka dalam mencari modal untuk membeli lahan di cepu maka salah seorang business angel pendukung bisnis saya hubungi. Malam itu saya langsung telfon pak PW. Seorang senior di dunia business. Sedang menikmati pensiunnya. Ketimbang di taro dibank dengan bunga rendah dia senang meletakan uangnya di banyak bisnis real. Statusnya mirip modal ventura atau venture capital namun lebih individual. Tak memerlukan manajer investasi atau fund manajer yang mengelolanya. Dirinya adalah fund manajer sekaligus investor.

Kalimat saya membuka dengan kalimat fascinate. Itu adalah waw factor dimana para pakar komunikasi memahami sekali teknik ini. teknik untuk membuka filter dalam otak kecil manusia yang bernama reticular activating system atau RAS. Begitu RAS terbuka maka pikiran bawah sadar tinggal menunggu informasi yang bisa menjadi tindakan.

Walaupun membina hubungan lama namun komunikasi yang tepat tetap dilakukan. Waktu tapat karena saya tahu dia selalu santai setelah jam makan malam. Dan saya tahu sekali kesukaannya. Business yang secure yang aman. Sehingga saya membuka pembicaraan dengan kalimat, pak..kayaknya rezeki bapak ini. kita dapat kontrak panjang dari pertamina untuk memberikan sarana penginapan selayak hotel di Cepu. Kita tidak perlu modal besar, hanya perlu dana untuk membeli lahan dan nanti begitu dana turun pinjaman bank uang bapak langsung kami kembalikan. Tidak lebih 6 bulan.

Data sudah saya email ketempat bapak. Bank juga sudah memberikan lampu hijau. Surat mandate keluar setelah lahan di akuisisi. Bapak perlu data apa lagi?

Di ujung telefon dia menjawab, perlu berapa mas wowiek?

Saya menyebut sebuah jumlah yang langsung di balasnya, ok saya kirim senin depan, siapakan perjanjian legal seperti biasa. Ini bunga seperti biasa juga khan? Dia bertanya lagi. yang saya jawab, iya pak. Namun kalau bapak punya keinginan bergabung maka saya menawarkan seluruh dana bapak jadi equity dan bapak dapat 5% ownership. Uang tersebut tidak saya kembalikan dalam 6 bulan sebagai mana pinjaman namun saya kembalikan di tahun kedua akhir, dimana pokoknya bapak kembali 100% dan bapak sampai seterusnya memiliki 5% atas asset tersebut. bagaimana pak?

Diujung telefon terdiam lama. Dan diapun berkata, saya dalam posisi yang bagus dua-duanya. Kamu membuat penawaran yang saya tidak bisa bilang tidak!. Ok mas, say apilih opsi kedua. Tolong masalah legal draftnya segera di email ya. Terima kasih salam buat temen temen di kantor dan klik telfon pun di tutup . saya pun segera melaksanakan apa yang di perintahnya. Done deal. 1 langkah selesai.

Yang menjadi pertanyaan dari staf saya berikutnya adalah, bapak kan belum tahu harga tanah berapa dan luas lahan berapa kok sudah bisa menyebut angka. Dan dia setuju lagi?

Benar, secara kasat mata saya sudah mendapatkan indikasi harga atas. Dan luas lahan yang saya incer pun sudah kebayang. Di daerah blora lahan di bawah 1 ha tidak perlu amdal lengkap, UKL UPL saja jadi saya berani mengatakan kahan di bawah 1 ha, dan harga pasaran tertinggi saya sudah ketahui sehingga begitu kita dapat harga lebih murah capital di tangan bisa buat urus-urus masalah lainnya seperti perizinan, legal, design dan lain sebagainya.

Satu lagi kebiasaan saya dalam membeli lahan. Saya turun sendiri langsung. Dimanapun. Saya tidak pernah kasih orang lain. Saya harus bertemu dengan pemilik lahan. Itu syarat mutlak, dan saya tahu sekali saya memiliki cara untuk membuat orang mau menjual tanah tersebut kepada saya bahkan dengan harga murah. Percayalah, tanah di cepu tersebut adalah transaksi tanah mungkin lebih yang ke 150 kalinya saya melakukan PPJB ataupun AJB selama 20 tahun lebih bermain property.

Maka ketika RCTI cepu menghubungi saya, saya mulai melakukan seleksi. RCTI adalah rombongan calo tanah Indonesia. sampailah saya melirik sebuah lahan di dekat hotel grand mega di jalan tambakkromo cepu. Lahan ini lahan sawah tadah hujan. Tepat diantara 3 jalur tranportasi, 2 KM dari stasiun kereta api, 1 KM dari terminal bus dan 2 km dari bandara udara Ngloram milik PEP-C pertamina EP cepu. Dan begitu mereka menyebut harganya saya mengatakan, mana pemiliknya saya ingin bertemu.

Ternyata milik pak lurah yang lagi memerlukan dana untuk kampanye sebagai called DPRD blora. Sangat menarik bagi saya, karena kebutuhannya dia menjual. Sayapun berkata, pak saya mau buat tempat keramaian di lahan milik bapak berapa bapak mau jual. Lalu dia menyebutkan angka. Secara harafiah angka tersebut masuk, yang saya jawab..ok pak saya tidak tawar tapi mohon bapak bisa urug lahan tersebut 30 cm lebih tinggi dari jalan dan harga tersebut saya bayar. Siapkan tanda jadi buatkan PPJB pengikatan jual beli saya panjer bayar 30% dan sisanya setelah urugan selesai.

Saya lihat matanya bersinar terang, pupil matanya menghitam membesar tanda dia suka dengan penawaran saya. yang satu hal dia lupa, menguruk 2 meter di kalikan 9000 meter di musim hujan bisa memakan waktu lebih dari 2 bulan yang artinya saya punya waktu memanfaatkan sisa uang untukmelengkapi izin, design, dan lain sebagainya bahkan saya yakin peluasanan tersebut bahkan bisa melalui uang bank yang akan segera turun jika semua persyaratan terpenuhi. # may peace be upon us

Leave a comment