Tax Planning

(Tulisan Pagi) “Begini brader wowiek..kenapa harus hadir malam-malam sekarang ini karena loe salah seorang yang bisa nolongin kita-kita dalam urusan tax planning ..”

Waduh boz, ada2 aja nih?!. Mana saya mengerti banyak urusan tax planning .untuk hal ini masih belajar banyak neh . kalimat tersebut adalah cerita lanjutan dari kedatangan saya malam-malam di four season hotel kamis malam lalu.

Sebagian sahabat pastinya tahu arti dibalik kata-kata “tax planning”. Karena hal ini sudah menjadi bahasa keseharian di banyak pengusaha. Ini pastinya bukan arti harafiah tax planning atau perencanaan pajak, namun lebih memiliki arti bagaimana supaya pajak ngak besar, namun di alihkan ke hal yang lebih produktif. Dan ini tetap di koridor di bolehkan bukan memanipulasi pajak atau membohongi pajak. Tax planning tersebut menjadi panjang artinya, perencanaan pajak yang lebih baik dan menghasilkan keuntunganberganda.

Ilustrasi sederhananya begini, kalau misalnya perusahaan anda memiliki keuntungan bersih senilai Rp 10 M, maka pada saat ditarik keuntungan tersebut anda akan terkena potongan pajak pendapatan 35% alias Rp 3,5M jadi di kantong anda hanya mendapatkan Rp 6,5M. bisa anda bayangkan kalau misalnya net bersih profit anda Rp 100M. angka itu semakin seram jika keuntugngan anda meningkat. Yang di maksud tax planning di atas adalah, dari pada yang 35% itu dimakan orang bangsanya gayus sebaiknya bisa dimaksimumkan lagi misalnya dengan melakukan investasi. Karena investasi tidak terkenal pajak, yang kena pada saat ambil keuntungan nanti.

Misalnya anda berinvestasi membeli property atau lahan senilai Rp 5 M dan ini bisa mengurangi keuntungan alias untung anda jadi Rp 5 M dan 35% nya bayar pajak jadi senilai Rp 1,5M. dan kalau itu anda rasa sudah maksimum ya sudah, berikan itu ke Negara yang mudah2an amanah ngak dimanan genk senior gayus, noted : gayis itu bukan petinggi loh, bayangin atasanya makan berapa ya. Ini memang tuduhan tak berdasar namun bisik-bisik tetangga hal ini kuat sekali permainan ditingkat atas menilep mengelabuhi Negara di sisi hulunya, disisi manipulasi di perusahaannya.

Namun saya yakin sahabat saya bukan orang yang seperti ini, mereka jauh lebih prudence, lebih bijak, mereka muda dan bermain jangka panjang, mereka maksimumkan perencanaan pajak dan investasi produktif setelah itu bayar ke Negara dengan baik. Kalau cara benar, petugas pajak nakal juga sulit beraksi.
Jadi, pasti sekarang banyak teman-teman yang mengerti mengapa 2 tahun terakhir harga property bergerak naik. Atau banyak kendaraan terutama mobil dalam 2 tahun ini pembelinya naik hingga 1 juta unit mobil pertahun di seluruh Indonesia. Padahal 6-7 tahun yang lalu pertahun penjualan kendaraan mobil hanya berkisar di 300.000 an unit.

Pastinya ini karena efek dari banyak perusahaan yang naik profitrnya sehingga ada COP, car ownership program di kantornya. Dari pada untung ke gedean ngasih pajak lebih baik di bagi ke manajer atau BOD mobil atau rumah sehingga semangat bekerja mereka naik dan mereka bisa menggunakan mobil yang di catat di pembukuan sebagai asset investasi atau biaya. Apapun itu, adalah bagian dari tax planning yang prudence yang bijak.

Seperti kita ketahui bersama bahwa net income perkapita bangsa indoensia tahun 2012 ini sudah di atas 3000 dollar per kepala alias sudah di ambang batas bawah negara maju. Dan untuk Jakarta bangkan lebih USD 10.000 dan bisa di katakan sebagai kota megapolitan. Ini terjadi secara alami semuanya. Ini asli bukan karena pemerintahanny ayng baik, memang sisi pengusaha, sisi professional, sisi akar rumput ukm, kaki lima, pedagang pasar, petaninya adalah orang-orang yang tangguh. Bisa di bayangkan kalau pemimpinnya jauh lebih perduli lagi, jauh lebih bekerja keras lagi. Indonesia bisa menjadi adikuasa.

Kembali ke tax planning cerita di awal, melakukan re investasi adalah cara terbaik menghindari pajak secara positif. Inilah yang mendasar kalimat pernyataan sahabat di fourseason.
Kayaknya kita mau melakukan investasi di Bali. Beliau melanjutnya kalimatnya. Kali ini kita mau main lama alias untung tipis selama bisa cover overhead sudah seneng. kita mau melakukan invetasi untuk tax planning sekaligus CSR.

Waduh, baru denger tuh jurus bisnisnya, saya mengkerutkan dahi. Loe khan banyak kegiatan di bali kita pengen loe senin menyempatkan ke bali, ke den pasar, kebenoa, kenusa lembongan dan boleh juga tuh lihat tanah loe di nusa penida. Kita pengen buat master plan tahun ke depan. Lukman dan teamnya sama team loe bisa wiek?

Saya mengangguk karena kebetulan skedul desember ini memang ke sana.

Program ini akan banyak menolong nelayan, dengan sekali jalan kita bisa mengalihkan pajak, membantu masyarakat nelayan bali, juga membuka peluang bisnis baru, marina.

Dibali belum ada marina, marina buat sandar perahu yatch, kapar periar atau kapal cruise. Kalau kapal cruise bisa sandar di daerah yang ekslusif, keren dan modern sekali turun dari kapal pesiar bisa 5 ribu turis kantong tebal berada di marina. Saat ini di padang bay, atau klungkung belum representative. Juga kampong nelayan daerah benoa. Nah rencana kita adalah semua di rangkum jadi satu.

Kita pengen nelayan maju. Jadi kita mau buatkan cold storage buat ikan mereka, tanpa cold storage usia ikan mejadi busuk cepat dan nelayan kehilangan nilai ekonomisnya. Jadi mereka akan kita bikin dan buatkan koperasi. Apakah ini mahal investasinya maka jawabnya pasti, kalau tidak terintegrasi. Jadi marina yang akan dibangun khan memerlukan listrik jadi kita buat mulai dari hulu banget yaitu kita harus bangun power plant pembangkit listrik. Karena di Bali, adalah daerah wisata maka powerplant harus pake bahan bakar gas .perusahaan loe kan punya gas yg lumayan, kita minta gas LNG di kirim ke powerplant kita. Proses regasifikasinya punya akses buat cold storage nelayan.

Saya tidak kepikiran akan ide tersebut namun faham sekali saya akan maksud mereka. gas alam cair adalah proses mendinginan gas hingga minus 173 derajat sehingga terjadi perubahan fisik gas jadi cair. Lalu ketika LNG tersbut di transfer ke powerplant maka akan ada proses yang namanya regasifikasi proses menjadikan gas cair menjadi berbentuk gas lagi, proses ini akan membuang dingin. Iya..membuang dingin . Dan rupanya hal ini dari pada dibuang akan di buatkan cold storage buat para nelayan. Ini by produk, produk sampingan yang memiliki nilai ekonomis.

Cold storage tersebut di bangun dekat powerplant dan ini gratis buat nelayan benoa. Inilah CSR kita dan inilah proyek reinvetasi tax planning. Bisnis utamanya adalah marina. Efek langsungnya terasa buat nelayan dan bisnis di bali. Kapal-kapal yacth orang kaya luar negeri atau pengusaha local kaya indoensia yang sekarang sandar di Perth, di Singapore bisa bersandar di marina benoa yang baru. mudah-mudahan ini bisa meningkatkan kesadaran laut nasional dimana Indonesia adalah bangsa yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia mulai bisa menunjukan taringnya.

Diperlihatkan kepada saya masterplan mereka sebuah gambaran besar tanah urugan reklamsi di dekat proyek tol keluar dari pelabuhan ngurah rai bali. Ada dua arah , yang satu menuju denpasar sanur, yang satu menuju benoa. Proyek tol ini sekarang sudah dalam pekerjaan dan telah selesai 50% dimana 100% akan selesai tepat untuk acara Apex di bali November 2013. Sementara proyek reklamasi dilanjutkan yang akan selesai satu tahun berikutnya di akhir 2014.untuk selanjutnya pekerjaan pondasi power plant serta marina dan proyek cold storage untuk nelayan dilaksanakan. Semoga terlaksana dengan baik karena menurut saya ini adalah kontribusi yang luar biasa bagi ribuan nelayan bali di tahun-tahun ke depan. # peace be upon us

Leave a comment